ARTIKEL

IMG-20171201-WA0018

Bentuk fisik ayam pakhoe

Postur tubuh ayam pakhoe biasanya memiliki bentuk yang bulat dan memanjang. Bentuk tulangnya bagus dengan permukaan kasar. Tubuh ayam pakhoe cenderung lebih mendatar, menunduk, tidak terlalu tinggi, tidak tegap, dan tidak gagah seperti ayam Bangkok pada umumnya. Pada awal kemunculannya, ayam pakhoe memiliki warna bulu seperti ayam bangkok, tetapi seiring perkembangannya kini ayam pakhoe banyak memiliki warna bulu yang unik.


Dalam memilih jenis pakhoe bukan hanya melihat kualitas, tetapi juga harus melihat dari segi harganya. Penghobi yang sudah sangat lihai, hanya dengan melihat saja sudah bisa mengetahui ayam yang berkualitas bagus. Namun bagi pemula, memilih ayam aduan berkualitas bukanlah suatu hal yang mudah, terlebih lagi ketika tidak ada ayam yang bagus sebagai tester untuk menguji ayam yang akan dibelinya.


Karena itu, sebelum seorang pemula membeli ayam aduan ada baiknya mengetahui terlebih dahulu ciri – ciri fisik ayam pakhoe berkualitas yang biasanya selalu unggul di arena laga. Beberapa ciri-ciri fisik ayam pakhoe berkualitas unggul sebagai berikut :
Ayam pakhoe secara umum sangat mirip dengan ayam bangkok, baik bentuk kepala, jengger, leher bentuk badan bulu kaki hingga ekornya pun mirip. Hanya biasanya kepala ayam pakhoe lebih lonjong. Menandakan ayam ini memiliki tingkat kecepatan dan kepintarannya yang lebih. Namun, jika kepalanya berbentuk terlalu bulat biasanya ayam tersebut kurang pintar, cenderung lambat, mudah dipatok, dan memukul tanpa memperhatikan pukulanya.
Pada bagian kelopak mata, harus terlihat menjorok ke dalam, sehingga mata dapat terlindung dari pukulan lawan dan bagian mata harus jernih. Semakin kecil bulatan hitam di matanya, menandakan ayam tersebut mempunyai mental yang bagus dan lebih sensitif terhadap gerakan (serangan) lawan, karena membaca gerakan lawan sangat penting dalam pertarungan.
Pilihlah ayam dengan bentuk jengger tidak terlalu tebal. Hal tersebut menandakan ayam ayam memiliki tingkat kecepatan bergerak dan cenderung lebih kejam. Bila jengger terlihat tebal di depan dan semakin kecil ke belakang, hampir dipastikan ciri-ciri ayam yang bermental buruk(tidak tahan terhadap rasa sakit) dan lambat gerakan sehingga mudah dibaca lawan. Namun, khusus untuk ayam pakhoe tidak memiliki kekhususan jengger, sebaiknya memilih jengger yang proporsional sesuai bentuk ukuran kepala badan.

cropped-WhatsApp-Image-2019-07-05-at-12.39.15.jpeg

Ayam Bangkok Dengan gaya ngebanggol(ngelock)

Tren ayam aduan sekarang telah mengalami kemajuan yang sangat besar. Dimulai dari ayam Bangkok,Pama, hingga,pakhoe dengan kelebihan dan kelemahannya masing-masing mampu menarik perhatian penggemar ayam aduan, berbagai gaya tarung, dari gaya klasik hingga modern, telah mewarnai pertarungan di arena

Ayam petarung bergaya klasik

  1. Ayam Bangkok dengan gaya ngebanggol (ngelock)

Ayam Bangkok yang bergaya tarung klasik dengan Solah, mengunci, berdiri, dan menekan sambil pukul kanan kiri saat ini di nilai kalah cepat dibandingkan dengan ayam Pama. Meskipun tidak di semua arena pertandingan ayam Bangkok kalah, tetapi dengan gaya permainan mranggal dengan timpukan-,timpukan cepat, ayam Pama cenderung lebih unggul hingga membuat ayam Bangkok tersungkur di arena,

Ayam Bangkok yang bagus kadang tidak sekedar bergaya klasik dengan ngelock dan kontrol saja , tetapi dapat juga ditemui yang memiliki pukulan depan cepat dan akurat. Ayam jenis ini tergolong langka. Di Thailand, ayam Bangkok jenis ini sering digunakan oleh para bangsawan dalam sabung ayam di arena. Ayam Bangkok kaum bangsawan tersebut sekarang banyak di gunakan untuk memukul ayam yang terkenal cepat.

Biasanya ayam Bangkok asli dinilai mempunyai tulang yang kuat dengan tipe tarung peluk, kontrol, rapat, sulit di pukul, lincah dengan terjangan terjangan dari depan yang sering rapat, keras, dan pantang menyerah. Jenis seperti ini sekarang menjadi parent stock yang melahirkan trend baru yang diberi nama panjang. Ayam panus mempunyai kecerdasan dalam bertarung dan mempunyai pukulan yang cepat dan keras.

Untuk akurasi pukulan tergantung dari keturunan dari indukan ayam tersebut. Ayam Bangkok yang mendekati keturunan dari kingchicken jaman dulu mempunyai bobot 3-4 kg. Ayam Bangkok asli juga mempunyai bulu-bulu yang bagus,lebat, dan halus. Saat ini, ayam panus belum terlalu terkenal di tanah air, dibandingkan dengan pakhoe yang sudah malang melintang.

 

cropped-WhatsApp-Image-2019-07-05-at-12.39.15.jpeg

Asal-usul dan sejarah ayam pakhoe

Asal-usul dan sejarah ayam pakhoe

  1. PAKHOE.

Lahirnya ayam pakhoe bermula dari generasi persilangan ayam bangkok(ayam siam) Mengenal

AYAM PAKHOE

                Ayam pakhoe hadir sebagai jawaban di tengah tengah kegelisahan pecinta ayam aduan. Muncul sebagai pesaing kuat ayam pama di arena, pakhoe dengan kehebatannya berkembang menjadi primadona di kalangan pecinta ayam aduan. Namun tidak hanya sampai di situ saja, para peternak dan pecinta ayam aduan tetap mengembangkan generasi yang terbaik dan tangguh dari pakhoe.

  1. ASAL USUL DAN SEJARAH AYAM PAKHOE

Karena itu,  diciptakan ayam pakhoe dengan melengkapi sifat yang tidak dimiliki oleh ayam Bangkok yang tidak mampu bertarung secara rapat.  Ayam pakhoe merupakan generasi ayam aduan modern yang senang merapat dengan gaya slugger masuk sayap,

Menunduk cepat ke selangkangan,  dengan cepat keluar memukul dari belakang, atau menyangkul badan musuh dari depan.  Pukulan jenis ini disebut pukulan cangkul, sehingga di tanah air ayam pakhoe juga sering disebut “ayam cangkul “. Meskipun postur tubuh yang lebih kecil dari ayam Bangkok, tetapi pakhoe memiliki kecepatan, akurasi, dan pukulan-pukulan ke arah kepala lawan dengan efek yang mematikan.

             Ayam pakhoe merupakan ayam yang dijadikan jawaban terhadap ketangguhan ayam pama.  Ayam pakhoe memiliki gaya permainan berlawanan dengan ayam pama. Pakhoe cenderung agresif mengejar (rempug), menempel lawan secara mendatar ke bawah,  mematuk sembarang, memukul badan dengan pukulan yang sangat keras dan cepat (tempel pukul), serta cepat ber adaptasi dalam menyesuaikan gaya permainan lawan.  Dengan gaya seperti itu, ayam pama tidak memiliki kesempatan menghindar dan memukul ke arah kepala pakhoe.  Pasalnya, kepala pakhoe berada mendatar dan selalu menempel dengan pukulan ke arah badan.

 

Melihat sejarah perkembangan nya, pakhoe awanya berkembang pesat di sekitar perbatasan antara Thailand dengan Malaysia,  kemudian menyebar hingga seluruh Thailand bahkan hingga ke Indonesia. Sehingga, awalnya orng Indonesia menyebut ayam ini dengan ayam Bangkok Selatan.  Meskipun pada awalnya ayam pakhoe dikenal untuk melawan ayam pama, tetapi kini pakhoe telah mampu bersaing dengan berbagai jenis ayam aduan lainnya.

 

Munculnya generasi baru diharapkan mampu melawan berbagai jenis ayam aduan yang ada. Sehingga, generasi ayam pakhoe kini memiliki karakter permainan yang sangat lengkap dan seakan akan memiliki kecerdasan yang lebih terutama dalam gaya bertarung. Pada awalnya gaya bertarung ayam pakhoe dan ayam laga lainnya hanya monoton. Misalnya, ayam burma yang cenderung memiliki karakter defensif, ayam bangkok yang berkarakter nengok – nengok, dan ayam pakhoe dengan karakter menempel ke bawah. Seiring berkembang dunia ayam aduan, gaya permainan dan tehnik bertarung ayam pakhoe lebih komplet saat ini. Perkembangan tersebut membuat ayam pakhoe semakin mendapat kan simpati dari penggemar ayam aduan.

cropped-WhatsApp-Image-2019-07-05-at-12.39.15.jpeg

Jamu dan suplemen vitamin ayam aduan

jamu dan suplemen vitamin ayam aduan

Untuk artikel jamu ini merupakan lanjutan dari kemarin baru kita membahas  vitamin untuk ayam aduan.

Biasanya, pelet khusus ayam aduan dibuat dengan ukuran yang cukup besar, sekitar satu ruas jari kelingking orang dewasa atau berdiameter 1 cm dan panjang 2 cm. Jamu dapat diberikan 1minggu sekali sebanyak 2 biji. Ramuan ini sangat bermanfaat untuk ayam karena bisa menghangatkan tubuh ayam dan menahan gangguan cuaca yang fluktuaktif atau suhunya selalu naik turun secara drastis. Sejak kecil, ayam harus dibiasakan makan pahit – pahit  seperti daun pepaya. Ayam yang biasa makan bahan yang pahit, pertumbuhannya lebih bagus dan jarang sakit. Ayam aduan bisa juga diberi makanan tambahan berupa daging, seperti daging sapi, kambing atau daging anak tikus yang masih merah. Pemberian daging anak tikus akan menambah tenaga ayam.

Ramuan jamu bisa dibuat dari gula merah yang dicampur dengan asam jawa. Ramuan ini diberikan 2 hari sekali. Pemberian gula jawa dicampur asam ini akan menyehatkan karena bermanfaat untuk menambah tenaga, memperpanjang napas, dan menjaga tubuh tetap langsing.

Vitamin

Sudah pasti , ya vitamin  yang dapat diberikan berupa buah -buahan atau sayuran hijau. Tomat sayur di berikan setiap hari sebanyak 2 biji. Pemberian  bahan makanan yang banyak mengandung vitamin sangat membantu pertumbuhan ayam. Selain itu, ayam menjadi lebih sehat, jarang sakit dan selalu fit. Selain bahan – bahan di atas, kebutuhan vitamin pun bisa diberikan berupa tablet khusus.

Untuk jamu dan suplemen vitamin, di bangkok kiting farm menyediakan jamu temu jin yang berkhasiat menambah stamina dan daya tahan tubuh ,memperpanjang. nafas ayam aduan , menambah nafsu ayam aduan dan mempercepat proses pemulihan pasca diadu teks.

Sedangkan yang kedua vitamin merk provit yang  mengandung nutrisi sayuran dan buah – buah agar ayam aduan .

cropped-WhatsApp-Image-2019-07-05-at-12.39.15.jpeg

Pakan dan suplemen yang bagus untuk ayam Aduan

Pakan dan suplemen yang bagus untuk ayam aduan

Pakan

Pakan yang diberikan dapat berupa gabah atau beras merah. Gabah diberikan kepada ayam yang berumur diatas 6 bulan atau lepas masa anakan. Pemberiannya dilakukan setiap pagi dan sore dengan takaran secukupnya. Untuk meperoleh hasil yang baik , gabah harus dibersihkan dari kotoran dan dimasak setengah matang. Selain untuk menjaga kebersihannya, kuman penyakit yang terkandung dalam gabah bisa mati.  Hal penting yang harus diingat adalah jangan memasak gabah terlalu matang ( cukup setengah matang saja ), supaya vitamin dalam gabah tidak rusak . Setelah dimasak, gabah dijemur sampai kering.

Pemberian beras merah sebaiknya langsung dengan gabahnya. Jika diberikan beras merah saja, tubuh ayam cepat akan cepat gemuk, Biasanya, ayam yang gemuk memiliki pernafasan yang pendek sehingga kurang bagus.

Anakan yang berumur 1 hari sampai 6 bulan dapat diberi makan voer atau pakan buatan seperti pelet serta vitamin berupa vita chick dan vita bro. Apabila kita memelihara ayam adu sejak anakan, ayam harus dibiasakan mengonsumsi pakan -pakan alami yang baik untuk pertumbuhannya . Pakan alami bisa berupa hijauan atau sayuran seperti daun pepaya. Daun pepaya dipercaya sangat baik untuk pertumbuhannya anakan ayam aduan. Ayam yang dibiasakan memakan daun pepaya sejak anakan  cenderung tahan terhadap penyakit dan memiliki nafsu makan yang cukup baik. Untuk itu, kita harus mengatur frekuensi makan ayam supaya pertumbuhan badannya tidak terlalu berlebihan dan berlemak.

Anak Ayam bangkok

Suplemen

Seperti hal nya petinju, ayam aduan juga memerlukan makanan tambahan atau suplemen untuk menambah vitalitas dan kekuatan staminanya. Makanan suplemen bisa berupa jamu atai vitamin. Jamu yang diberikan bisa berupa jamu instan yang biasa diminum  manusia atau  jamu ramuan sendiri dari bahan – bahan alami. Bahan yang bisa dijadikan jamu adalah beras,kencur, kunyit, temulawak, madu, telur dan tepung beras. Kencur, kunyit, dan temu lawak digiling menjadi adonan halus. Setelah itu, kuning telur dan madu dalimasukkan dan diaduk secara merata. Kemudian, tepung beras dimasukkan dan diaduk merata. Adonan yang sudah jadi dibentuk berupa yang ukutannya disesuaikan dengan bukaan mulut ayam. Setelah itu, adonan dijemur sampai kering

 

 

 

 

 

cropped-WhatsApp-Image-2019-07-05-at-12.39.15.jpeg

Bentuk latihan lain untuk melatih ayam aduan

Bentuk latihan lain untuk melatih ayam aduan

Bentuk latihan lainnya bisa menggunakan barang yang dinamakan untulan. Untulan berupa ayam pancingan atau sparing partner. Tehnik untulan bisa di lakukan  dengan dua cara yaitu menggunakan kandang umbaran bujur sangkar dan kandang umbaran segi empat panjang.

Latihan menggunakan kandang umbaran bujur sangkar, ayam untulan ditempatkan tepat di tengah – tengah kandang umbaran. Ayam untulan dimasukkan ke dalam dongdang atau kandang rotan  yang biasa digunakan untuk menjemur ayam. Kandang dongdang harus dirangkap dua untuk mengantisipasi ayam untulan lepas. Ayam yang dilatih , diumbar atau dibiarkan bebas sehingga bisa bergerak leluasa mengikuti arah gerakkan ayam untulan. Ayam akan berlari – lari mengelilingi untulan dalam dongdang .

Latihan menggunakan kandang umbaran segi empat panjang, prinsipnya hampir sama dengan kandang umbaran bujur sangkar. Ada sedikit perbedaan pada pola dan arah gerakan ayam. Dalam kandang umbaran segi empat panjang, prinsipnya hampir sama dengan kandang umbaran bujur sangkar. Ada sedikit perbedaan pada pola dan arah gerakan ayam. Dalam kandang umbaran segi empat panjang, baik ayam untulan maupun ayam yang sedang dilatih bisa bergerak bebas ke segala arah, karena konstruksi kandang lebih panjang. Semakin panjang ukuran kandang, akan semakin baik. Kandang dapat dibuat dengan ketinggian 2 – 3 meter. Dengan ketinggian kandang seperti ini, ayam yang sedang dilatih akan dapat melakukan lompatan – lompatan tinggi mrngikuti pola serangan untulan. Satu hal yang harus diperhatikan adalah menutup sisi kandang menggunakan jaring, bukan kawat ram. Penggunaan jaring relatif lebih aman daripada kawat ram, karena tidak merusak paruh ayam. Manfaat latihan menggunakan untulan adalah otot kaki menjadi lebih kuat, napas lebih panjang, dan tubuh menjadi singset.

 

Manfaat latihan menggunakan untulan otot kaki menjadi lebih kuat, napas lebih panjang, dan tubuh menjadi singset.

cropped-WhatsApp-Image-2019-07-05-at-12.39.15.jpeg

Cara menjaga kondisi ayam aduan supaya tetap fit ketika bertarung

Cara menjaga kondisi ayam aduan supaya tetap fit ketika bertarung

Untuk tujuan itu, ayam harus dilatih berlari dengan cara diberi beban di kedua kakinya. Beban bisa berupa batu – batu kecil, besi, atau benda lain yang bersifat sebagai pemberat. Beban diikat dengan menggunakan bahan kaos supaya pemberat dapat terikat lebih erat dan tidak mudah lepas. Setelah itu, ayam dilatih berlari dengan cara mengejar dan menakut- nakutinya menggunakan tongkat atau sapu. Sebaiknya, cara ini hanya dilakukan kepada ayam – ayam yang sudah jinak karena ayam akan tahu maksud majikan nya. Ayam yang belum jinak akan merasa takut dan menjadi stres jika  dikejar – kejar karena ayam tidak tahu maksud majikannya.

Secara modern, ayam dilatoh berlari di atas mesin. Teknik ini memang tergolong baru. Ayam dilatih dengan menggunakan mesin canggih. Cara ini pertama kali dikenalkan oleh pakar ayam bangkok dari Thailand. Beliau telah berhasil menciptakan mesin khusus untuk melatih ayam berlari atau Treadmill. Latihan dilakukan dengan cara meletakkan ayam jago di atas mesin treadmill,seperti manusia yang melakukan jogging di atas mesin –  mesin seperti itu. Mesin treadmill khusus ayam jago berukuran lebar 37.5 cm, panjang 62.5 cm dan tinggi 87.5 cm serta dilengkapi sebuah motor kecil untuk menggerakan sabuk yang bisa dipercepat atau diperlambat.

Latihan pertama, ayam jago disuruh berlari sekitar 5 – 10 menit per hari sampai ayam terlihat lihai. Setelah ayam menguasai latihan ini, waktu latihan ditingkatkan menjadi kuat dan fit. Ayam – ayam jago aduan harus selalu fit, karena ayam di tuntut bertarung sebanyak 12 ronde, setiap ronde berlangsung selama 20 menit. Berarti seluruh pertandingan berlangsung selama 4 jam , kecuali salah satu ayam mati atau kalah.

Latihan berlari dapat membantu meningkatkan stamina ayam jago dan menjaga tubuh ayam tetap atletis. Ayam jago yang pernah dilatih dengan menggunakan alat ini menjadi lebih fit, kuda – kuda nya menjadi kokoh, kaki menjadi kuat dan tidak pernah berhenti bergerak.

cropped-WhatsApp-Image-2019-07-05-at-12.39.15.jpeg

Bentuk – bentuk latihan untuk ayam aduan

Bentuk – bentuk latihan untuk ayam aduan

Kali ini kita akan membahas cara – cara melatih ayam aduan supaya mempunyai kekuatan di sayap dan di otot paha. Lakukan secara teratur dan konsisten dan jangan lupa aturan waktu nya biar ayam tidak kelelahan.

Melatih sayap ayam aduan

Latihan sayap ayam  bisa dilakukan dengan cara mengangkat sebelah sayap ayam secara bergantian kanan dan kiri,  setiap pagi. Ayam yang masih muda sekitar umur 8 bulan, diangkat sebanyak 20 – 30 kali. Apabila umur ayam sudah mencapai 1 tahun, jumlah angkatannya bisa ditambahbmenjadi 100 – 200 kali setiap hari. Latihan ini sangat bermanfaat untuk membentuk otot – otot sayap dan membuat tubuh ayam jago menjadi atletis.

Melatih otot paha

Tujuan nya untuk memperkuat otot paha. Paha ayam bisa dilatih dengan cara mendorong tubuh ayam ke arah depan . Larihan ini sangat bermanfaat untuk melatih otot – otot paha ayam supaya kuat dan memiliki kuda – kuda yang kokoh. Latihan bisa di lakukan setiap pagi atau disesuaikan dengan kondisi fisik dan umur ayam .

Cara -cara mendapatkan otot yang kuat dan napas yang panjang pada ayam aduan

Kekuatan otot kaki dan pernafasan bisa dilatih dengan cara menceburkan ayam ke kolam supaya berenang . Apabila ayam akan naik ke darat, harus ditangkap dan di ceburkan lagi ke kolam. Lakukan berulang – ulang sampai ayam tampak kelelahan. Latihan ini dilakukan secara bertahap di sesuaikan dengan tingkatan umur ayam. Ayam yang masih muda atau di bawah umur 6 bulan, cukup dilatih sekitar 4 -5 menit sehari. Semakin bertambah umur ayam, intensitas atau lamanya latihan harus ditingkatkan. Cara lain yang bisa dilakukan adalah menceburkan ayam ke bak yang berisi air;  tetapi ekornya dipegang. Ayam akan mengepakkan sayap  dan menggerakan kakinya untuk berenang. Namun, jangan terlalu lama karena  dikhawatirkan ayam tidak tahan dan air akan terminum. Latihan dapat dihentikan bila ayam  sudah mulai kelelahan.

Untuk artikel berikut nya kita akan membahas tentang bagaimana caranya  untuk menjaga kondisi kebugaran ayam agar tetap fit ketika bertarung.

cropped-WhatsApp-Image-2019-07-05-at-12.39.15.jpeg

Cara menciptakan ayam aduan yang tangguh dan unggul

Cara menciptakan ayam aduan yang tangguh dan unggul?

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mbentuk atau menciptakan ayam aduan yang tangguh, seperti melakukan rutinitas harian . Rutinitas harian meliputi olahraga rutin atau melatih ayam setiap pagi. Hal Yang paling penting sebelum melatih calon ayam aduan adalah menjinakannya.

Cara menjinakkan ayam

Resep jitu yang banyak dilakukan para penggemar ayam untuk menciptakan ayam aduan yang unggul adalah menjinakkannya . Memjinakkan ayam dapat dilakukan dengan cara memberikan perlakuan istimewa ketika ayam masih berupa anakan seperti membelai, memberi pakan langsung dari tangan dan memberi nama . Perlakuan istimewa ini bertujuan untuk menambah kedekatan emosional antara pemilik dan ayam

Supaya ayam tahu nama julukannya, ayam harus dipanggil dengan nama tersebut. Ketika memberi makan, ayam disuruh mendekat dengan cara memanggil julukkannya itu. Ayam yang sudah kenal nama julukkannya , dapat di pastikan sudah jinak. Keadaan ini akan memudahkan kita untuk melatihnya . Ada kepercayaan di kalangan pencinta ayam aduan, kalau menyebut- nyebut nama ayam ketika bertarung dapat meningkatkannya semangatnya.

Latihan yang bisa dilakukan untuk melatih ayam?

Untuk mendapatkan ayam aduan yang andal sebaiknya ayam dilatih sejak masih berupa bakalan, sekitar umur 8 bulan. Pada umur 8 bulan , ayam telah memenuhi syarat fisik, baik tenaga, napas maupun mentalnya . Namun , umur yang paling baik untuk melatih ayam adalah saat ayam sedang mabung atau ganti bulu. Ayam mengalami mabung satu tahun sekali. Karena itu, ayam yang brumur satu tahun sudah memenuhi syarat untuk dilatih. Ayam yang dirawar dan dilatih sekitar tujuh bulan akan terampil dan lincah di arena pertarungan. Melatih ayam bisa dilakukan dengan cara melatih sayap,otot, paha, kekuatan kaki, pernafasan, dan latihan untuk menjaga kondisi ayam tetap fit.

Untuk artikel selanjut nya kita akan membahas  satu per satu tentang bagaimana cara  melatih sayap, otot paha, otot kaki ayam dll supaya kuat.

 

 

cropped-WhatsApp-Image-2019-07-05-at-12.39.15.jpeg

persyaratan yang harus dipenuhi supaya ayam aduan layak bertarung

Persyaratan yang harus dipenuhi supaya ayam aduan layak bertarung.

Melihat ayam aduan yang dipelihara sudah layak bertarung atau belum dapat menggunakan ayam untulan memancingnya. Yang harus diperhatikan dalam kegiatan ini adalah umur ayam, ukuran tubuh, dan pengalaman tarung ayam untulan harus seimbang. Jika ayam untulan memilik jam terbang tarung lebihtinggi , calon ayam aduan yang sedang dilatih bisa kalah mental duluan  dan mengalami stres. Hal ini akan merugikan karena akan membutuhkan waktu lama untuk mengembalikan mentalnya.

Jika kita memiliki peternakan ayam aduan sendiri, hal – hal di atas harus menjadi perhatian. Kadang – kadang, peternak suka lalai membiarkan ayam bakalan bercampur dengan ayam aduan yang lebih tua dan sudah tidak bertarung lagi. Akibatnya, ayam bakalan sering dipatuk dan di kejar – kejar. Akhirnya , mental ayam bakalan menjadi jelek karena stres. Ada beberapa syarat supaya ayam layak bertarung.

Umur

Ayam dikatakan layak bertarung setelah berumur 1- 1.5 tahun . Pada kisaran umur ini, ayam  sudah mulai dewasa, pertumbuhan tulangnya sudah kuat, dan memiliki mental bertarung yang baik . Pada kisaran  umur ini , ayam sudah mulai dewasa, pertumbuhan tulangnya sudah kuat, dan memiliki mental bertarung yang baik. Pada umur satu tahun, ayam mengalami pergantian bulu ( mabung atau ngurak ) yang pertama dan kondisisnya sedang prima atau kuat. Setelah tiga kali ganti bulu, ayam harus segera diistirahatkan karena  kekuatannya sudah berkurang.

 

Bobot

Ayam yang layak tarung harus memiliki bobot tubuh minimum 3 kg. Dalam arena adu ayam di kenal tiga tingkatam kelas yaitu kelas ringan ( 3 kg ) , kelas menengah ( 3,5 kg ) dan kelas berat ( 4 kg ke atas ). Ayam yang akan diadu diklarifikasi berdasarkan tandingannya, seperti kondisi otot , ukuran tubuh , tinggi, dan bobot ayam. Otot ayam petarung yang baik sudah tidak berlemak atau sudah kencang. Tubuh ayam yang berlemak, ototnya akan kendur. Perawakan tubuh ayam petarung harus singser supaya gerakannya lincah dan gesit saat betarung.

Itulah sekelumit tentang persyaratan yang harus dipenuhi ketika ayam aduan harus turun kegalanggang.